06 Maret 2009

Bhineka Tunggal Ika

Scene 1
Di Lapangan, sambil berjalan menuju Balai Desa.

Jeng Dewi : Nona Maria, eneng opoh toh kulo dikonkon ngumpul neng Balai Desa karo Pak
RT..?
Nona Maria : Mana beta tahu… Lebih baik katong kesana saja sekarang. Agar tahu apa yang terjadi disana.
Jeng Dewi : Maturnuon Nona Maria,, tapi kulo arep neng ngomah disek,, mengko kulo nyusul wae..
Nona Maria : ya sudahlah kalau begitu beta pergi duluan..
(sambil pergi meninggalkan Jeng Dewi)


Scene 2
Di Balai Desa, sedang diadakan rapat untuk lomba tujuh belasan sekecamatan.

Babe Maman (Pak RT) : semuanye ude pade ngumpul kan..?
Kalo gito,, nyok kite mulai deh rapatnye..
Teteh Imas : Pak RT,, bentar deui.. Jeng Dewi teh encan datang..
Ucok Nando Hutagalong : Alah mak,, lama sekali dia.. sudahlah,, kita tinggalkan saja dia.. Lama-lama aku jadi gila kalau menuggu orang lelet seperti dia..
Babe Maman (Pak RT) : Ehh,, loe mah kagak tau diri yak..!! biar gimana pun juge,, tuh Jeng Dewi juga warga kite.. Udeh,, kite tunggu die bentar lagi aje..


Scene 3
Di depan pintu Balai Desa, Jeng Dewi datang dengan tergesah-gesah..

Jeng Dewi : nyuwon pangapunten.. kulo telat mriki..
Babe Maman (Pak RT) : ya udeh lah kagak ngape-ngape.. nyok sekarang kite mulai rapatnye..
Jadi gini,, entar kan ade lombe 17’an sekecamatan.. jadi gue pengen RT kite ikut lomba n’tuh.. tapi gue pengennye kite pada pake baju Betawi dan nanti kite nyanyi lagu khas betawi.. Pan seru tuh.. iye kagak..??
Uni Marsilah : onde mande.. pak RT.. tidak ahh… ambo tak mau,,, ambo maunyo kito pakai baju adat padang sajo,, dan nyanyi lagu khas padang.. kalau begito ambo baru mau setuju..
Made Komang : Maat Uni Marsilah,, tapi beuli kurang setuju.. Kenapa kita tak pakai baju adat Bali saja dan menyanyikan lagu khas bali.. Pakaian adat bali kan juga bagus.. pakai bunga-bunga pula..
Ucok Nando Hutagalong : Enak saja mulut kau bicara itu.. kau fikir aku banci apa yang mau memakai bunga-bunga di telingaku ini.. kenapa tak pakai baju batak saja.. itu kan lebih bagus..
Cut Atika : tidak… aku tidak suka pakai baju batak.. Pa RT,, kita pakai baju Aceh aja.. Aceh kan wilayah Indonesia juga.. jadi biarlah Aceh yang mewakili Negara kita ini..
Yustina : ahh… aku tidak mau..
Ku beri tahu ya kalian semua.. makanan pempek palembang itu sangat disukai warga Indonesia.. apalagi pakaian adat dan lagunya… aku yakin orang-orang nanti senang kalau kita pakai pakaian palembang dan nyanyi lagu khas palembang..
Nona Maria : Tapi beta tak mau pakai pakaian palembang Pak RT.. beta itu cinta dengan budaya beta sendiri.. jadi beta tetap memilih untuk memakai pakaian adat dari daerah kelahiran beta sendiri,, yaitu ambon manise..
Jeng Dewi : nyuwon pangapunten sebelumnya,, tapi kulo arep nganggo pakaian jowo wae.. lagian kulo lahir neng jowo,, ora pantes toh kalau kulo nganggo pakaian adat sengkoh daerah lain..
Teteh Imas : Abdi juga pengennya pakai pakaian sunda., sunda teh asri kotana, jadi ieu teh bisa ditiru sama sakabeh urang..
Uni Marsilah : ya ampun teteh Imas,, ambo itu tidak suka pakaian sunda.. pokoknyo,, ambo tetep mau pakai pakaian padang sajo.. biar kelihatan kalo ambo ito orang padang..
Made Komang : Tapi daerah Padang kan kurang terkenal Uni.. Warga Negara asing saja lebih senang berkunjung ke daerah tempat beuli lahir.. yaitu Bali..
Jadi kita pakai baju Bali saja ya..
Nona Maria : Made,, memangnya katong sedang membicarakan daerah yang sering dikunjungi turis apa..
Katong itu sedang membicarakan pakaian adat.. sudahlah,, dari pada ribut terus,, lebih baik pakai pakaian dari daerah beta yang sudah terjamin busananya.. yaitu busana dari daerah ambon..
Cut Atika : tapi aku tidak setuju.. pokoknya sekali pakaian aceh,, tetap pakaian aceh.. hidup aceh…..!!!
Yustina : kalau Cut Atika tetap memakai pakaian Aceh,, saya juga tetap memakai pakaian Palembang..
Teteh Imas : Kalau begitu,, abdi juga pakai pakaian Sunda..
Jeng Dewi : Iki kepriben toh,,, seng bener ki seng endih… nganggo pakaian opo kulo..??
Ucok Nando Hutagalong : alak mak Jeng Dewi,, ribet sekali diri kau ini.. kalau begitu pakai pakaian adat dari daerah ku saja.. pakai baju batak..
Jeng Dewi : maturnuon bang ucok,, tapi kulo ora gelem nganggo pakaian adat sengkoh daerah bang Ucok.. mengko kulo nganggo pakaian adat sengkoh daerah kulo wae..
Ucok Nando Hutagalonng : Ya sudah kalau kau tak mau.. aku juga tak rugi-rugi amat… biar aku sendiri saja yang pakai pakaian adat Batak..
Babe Maman (Pak RT) : ehh,,, buset dehhh…… pada ribut bae yee loe pade… Pokoknye gue tetep pada pendirian gue… kalo kite semua kudu pake baju dari adat Betawi dan nyanyi lagu betawi… biar gimana pun juge,, Jakarte ntuh ibu kota Indonesia,, jadi ntuh sama aje kite ngewakilin Indonesia pan..??
Uni Marsilah : Ohhh,,, pak RT itu bagaimano sih… ado-ado sajo alasannyo… memang pak RT pikir ambo bisa apo nyanyi lagu Betawi… tidak ahh,, ambo pengen nyo nyanyi lagu padang sajo…
Jeng Dewi : Nyuwon pangapunten Uni,, tapi kulo ora iso nyanyi lagu padang uni.. nyanyi lagu jowo wae toh… seng apik dan mudah dihafal…
Made Komang : Tapi Jeng Dewi,, beuli tak pernah tinggal di jawa,, jadi beulli tak tau nyanyian jawa.. kalau nyanyian Bali baru beuli tau…
Nona Maria : Tapi beta juga tak pernah tinggal di Bali.. jadi beta juga tak tahu nyanyian Bali.. Lebih baik beta nyanyi lagu Ambon saja,, yang beta hafal betul lagunya..
Ucok Nando Hutagalong : Kalau gitu aku juga tak mau nyanyi lagu ambon,, apalagi lagu betawi.. jangankan lagu betawi,, bahasanya saja aku tak hafal.. pokoknya aku tak akan mau nyanyi lagu betawi..
Babe Maman (pak RT) : eehhh Ucok…….. judi loe nantang gue nih… (sambil menyincingkan lengan baju, seolah-olah menantang) apa maksud loe tadi bilang kagak biakal nyanyi lagu betawi..???? gue tersinggung nih loe ngomong kayak tadi… kalau gini jadinye nyok kite berantem aje,, loe mau pake jurus ape..??? gue tonjok mental loe…………….
Ucok nando Hutagalong : alah mak,, jadi pak RT mau ngajakin aku berantem… ayo… aku tak takut… kau pikir aku takut apa..?? ini aku Ucok Nando Hutagalong (menunjuk dada’y, seolah-olah membanggakan diri’y) tak pernah takut sama siapapun… kau tak lihat otot ku ini pak RT..?? (sambil menunjukkan otot’y) 10 orang saja bisa mental kalau kena tonjokan ku ini.. tapi kau malah menantang aku rupanya………
Babe Maman (pak RT) : Loe pikir gue takut sama otot loe ntuh… yaellaahhh,,, otot segito doang mah gue berani… sini loe..!!!! gue jabanin………..
Ucok Nando Hutagalong : kalau begito ayo kita brantem di lapangan…. Aku tak pernah takut sama kau…kau jual,, aku beli….


Scene 4
Di Lapangan,, babe Maman dan Ucok Nando Hutagalong pun bertengkar..

Babe Maman : eehh,,, ucok… gue ntuh ude capek yee ma lagak loe tuh… sok banget sih loe… mank loe pikir loe ntuh sape..?? loe tuh Cuma warge sini aje.. jadi gaya loe ntuh gak useh setinggi langit dehh…
Ucok Nando Hutagalong : heyy pak RT… aku juga tak pernah takut sama kau… jangan kau pikir karena kau itu ketua RT,, jadi aku harus tunduk pada kau… enak saja kalau kau inginnya seperti itu… aku tak akan tunduk pada kau… sampai kapan pun juga… ingat kau itu pada kata-kata ku ini pak RT…
Babe Maman : UCOK…!!!! Kurang ajar loe…. (menonjok muka Ucok Nando Hutagalong).. syukurin loe…. Emang enak kena tonjokkan gue… makanya kalo gue bilangin ntuh loe kudu nurut… jangan ngebantah gue… nih gue,,, Babe Maman… (seolah-olah membanggakan dirinya) orang paling jago pencak silat di desa ini… kagak ada satu orang pun yang bisa ngalahin gue….
Ucok Nando Hutagalong : (sambil memegang hidungnya yang terkena tonjokkan babe Maman) awas ya kau Babe Maman… ini dia pembalasanku… (langsung menonjok perut babe Maman).. kau pikir aku tak berani menonjok kau… enak tidak kena tonjokkan ku ini… kau jangan ketagihan yaa…… (sambil tertawa sendiri seolah-olah dirinya lah yang paling hebat)…


Scene 5
Di lapangan, saat Babe Maman dan Ucok Nando Hutagalong sedang bertengkar,
tiba-tiba Uni Marsilah datang dan langsung di pisahkan..

Uni marsilah : Onde Mande,,,, sudah tua masih betah sajo berantem… sampai muka pada bonyok begito…… tak malu sama umur apo..???
Made Komang : Benar,, ingatlah umur Pak RT,, Ucok Nando… beuli saja selalu ingat umur beuli…
Jeng Dewi : Ojo kerengan,, isen karo tanggane... ayo,, musyawarah bareng-bareng ben perkarane cepet rampung…..
Babe maman (pak RT) : gue kasih tau yee ama loe pade… nih orang kagak bise di ajak damai.. jadi loe bertiga kagak useh urusin gue dahh… gue juge masih inget umur gue..
Ucok Nando Hutagalong : Apa-apaan kau menunjuk aku pak RT.. yang mengajak aku berantem kan kau… harusnya kau minta maaf pada ku….
Babe Maman (pak RT) : enak aje loe… gue kagak mau minte maaf duluan ame loe… gue kan RTnye.. harusnya loe dong yang minte maaf ame gue duluan…
Ucok Nando Hutagalong : alak mak,, yang mengajak aku berantem siapa,, yang minta maaf duluan siapa.. lebih baik aku tak usah minta maaf…


Scene 6
Di lapangan, tidak sengaja Umairah lewat dan langsung menghampiri..

Umairah : Maaf saya ikut campur,, ada apa ini ribut-ribut..??
Teteh Imas : ieu teh tadi Babe Maman sami Ucok Nando berantem…
Umairah : memangnya ada masalah apa sampai Babe Maman dan Ucoko Nando bertengkar..??
Cut Atika : jadi begini Umairah ceritanya,, sebentar lagi kan ada lomda 17’an sekecamatan.. akan diadakan lomba pakaian adat daerah sama nyanyi lagu daerah… nah,, dari tadi itu kita semua bingung mau pakai baju apa dan nyanyi lagu apa.. mungkin karena udah pada capek dan terbawa emosi jadinya Babe Maman dan Ucok nando berantem…
Nona Maria : Apa kau punya saran Umairah sebaiknya kita pakai baju apa dan nyanyi lagu apa..?? kalau beta sih maunya pakai baju ambon dan nyanyi lagu ambon juga.. secara beta kan orang ambon.. dan beta juga cinta daerah beta sendiri..
Umairah : tapi maaf nona Maria,, kalau seperti itu namanya Nona Maria ingin menang sendiri.. justru itu termasuk perbuatan yang tidak baik..
Yustina : Kalau begitu kita pakai baju apa dan nyanyi lagu apa dong..??
Umairah : kalau saran saya,, lebih baik kita pakai pakaian adat dari daerah masing-masing saja,,
dan nyanyi lagu kebangsaan Negara kita sendiri.. yaitu lagu Indonesia Raya.. dengan begitu akan tercipta satu-kasatuan yang utuh seperti semboyang Negara kita,,
yaitu Bhineka Tunggal IKa.. yang artinya berbeda-beda namun satu jua…
Jeng Dewi : iyo Umairah kulo setuju karo ide mu,, Kalau ngono,, yo wes… kita nganggo pakaian adat dewe-dewe wae.. dan nyanyi lagu Indonesia Raya seng mau wes di omong karo Umairah…
Uni Marsilah : tuh dengar Pak RT dan Bang Ucok.. masih ingin berantem jugo… tak malu apo dilihat samo Umairah…
Made Komang : Kalau begitu lebih baik pak RT dan bang Ucok baikan saja…
Babe Maman (pak RT) : ya udeh lah… gue minte maaf ame loe Cok.. maafin gue yak… tadi udeh ngajakin loe berantem…
Ucok Nando Hutagalong : Sama-sama Pak RT.. aku juga minta maaf.. harusnya aku tak meladeni pak RT tadi…
Umairah : jadi masalahnya sudah selesai kan..?? kalau begitu Umairah pamit dulu.. Mari semuanya……!!!!!


Scene 7
Di lapangan, Babe Maman ingin membubarkan para warga..

Babe Maman (pak RT) : ya udeh,,, sekarang pada bubar gih… rapat udeh selesai… makasih yak atas kehadiran bapak ibu semuanye……
Semua warga : Ya,, sama-sama pak RT………


Scene 8
Rapat pun selesai,, dan semua masalah juga sudah selesai…
Akhir kata,, saya narator ingin mengucapkan terima kasih karena sudah
menyaksikan cerita ini..
wassalammuallaikum.wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang ingin berkomentar,,, silahkan...!!!!
Tapi gunakan bahasa yg baik dan benar....
Terima Kasih....

teman-teman ku

tentang aku

Foto saya
Bekasi, Indonesia
aq tuh seperti apa yg kamu liat... aq suka ketawa,,, suka makan'in es batu,,, rada2 telmi,, pikun,, n' plinplan gitu dehh... Tapi aq paling susah utk marah sama org2 terdekat qu loh.....